Buka Mata

Berburu Suara Milenial

Sinopsis

“Kita Partai Demokrat harus mampu memenangkan hati dan pikiran anak-anak muda.” Tegas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang kini menjadi Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kosgama) Partai Demokrat, dalam Rapimnas Partai Demokrat yang diselenggarakan di Sentul Bogor, Jawa Barat.

Dalam orasinya AHY juga meningkatkan kader partai untuk memperhitungkan potensi kaum milenial yang banyak menjadi pemilih pemula di Pemilu 2019 mendatang. Tak hanya itu sejumlah kader muda pun disiapkan untuk bisa menarik simpati kaum milenial.

Pemilu 2019 anak muda akan menjadi penentu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperkirakan hampir 80 juta pemilih merupakan kaum milenial atau pemilih muda, jumlah pemilih yang sangat menggiurkan bagi partai politik. Sejumlah langkah pun dilakukan partai politik untuk bisa meraih simpati dari kaum milenial.

Seiring dengan Partai Demokrat, Partai Golkar juga melakukan langkah-langkah dalam mempersiapkan Pemilu 2019. Sejumlah kader muda pun ditempatkan di sejumlah jabatan partai dan organisasi sayap partai, untuk bisa menarik suara kaum milenial. Sebut saja Jerry Sambuaga, Dito Ario Tejo dan Rob Clinton, kader-kader muda Partai Golkar yang menempati posisi penting.

Survei yang dirilis CSIS pada Tahun 2017 menunjukkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golkar dan Partai Demokrat masuk tiga besar partai yang tingkat popularitas nya tinggi dimata milenial.