Mata Najwa
Part 1 - Pesta Narkoba di Penjara

Dugem dan Narkoba di Penjara

Sinopsis

Penjara sebagai tempat para narapidana menjalani hukuman ternyata berpotensi menjadi surganya para pencandu dan bandar narkoba. Mata Najwa mendapat rekaman video amatir, bagaimana pesta narkoba di gelar dalam penjara di Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Bahkan, dalam salah satu kamar sel terdapat audio dan lampu-lampu disko seperti tempat dugem.

Mata Najwa menghadirkan salah satu mantan narapidana Rutan Salemba yang mengaku pernah dan sering mengonsumsi narkoba di Blok S dan menikmati disko di Blok C rutan tersebut. “Banyak narkoba, ada inex (pil ekstasi) dan sabu-sabu. Jadi ada kamar khusus kita sebutnya apotik, di blok tersebut. Sipir biasa saja, karena sudah tahu,” kata mantan napi pemakai tersebut. 

Menurut mantan napi Rutan Salemba ini, narkoba di dalam lebih murah dan lebih bagus kualitasnya. Bahkan, mantan napi yang sudah lima kali bolak balik Rutan Salemba ini, tidak pernah ada sidak terkait perilaku tersebut. “Sipir sudah dikoordinasikan, jadi tidak pernah ada sidak. Semua napi pemakai, pasti datang “make”. Aman soalnya,” jelasnya.