Mata Najwa
Part 1 - Politik Perempuan

Jokowi vs Prabowo, Siapa Peduli Perempuan

Sinopsis

Memasuki masa kampanye Pilpres 2019, sejumlah isu yang menyangkut perempuan pun muncul dan disemarakkan oleh dua kubu capres-cawapres. Namun, seperti apa sudut pandang para perempuan yang mewakili partai politik pendukung masing-masing kubu terkait isu perempuan yang berkembang itu?

Ida Fauziah, Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan TKN Jokowi-Ma’ruf mengatakan, Presiden Jokowi dalam satu periode kepemimpinannya menempatkan perempuan pada posisi yang sangat terhormat. “Terlihat dari porsi menteri perempuan yang cukup banyak, lalu peningkatan kualitas hidup perempuan dengan menurunkan angka kematian ibu dan anak. Jadi pilihlah presiden yang memang sudah terbukti dan punya komitmen pada kaum perempuan,” kata Ida.

Sementara itu, Netty Prasetiyani Hermawan, Direktur Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan BPN Prabowo-Sandiaga mengatakan ekonomi menjadi sumber permasalahan, terutama bagi kaum perempuan. “Perdagangan dan kekerasan perempuan semua karena masalah ekonomi. Jadi visi dan misi Prabowo-Sandi itu membangun ekonomi yang memihak pada rakyat. Itu harapan dan hal yang akan kami perjuangkan,” kata Netty.