Narasi People

Kisah Doula Pendamping Ibu Hamil hingga Persalinan

Sinopsis

Sempat mengalami Postpartum Depression atau depresi pasca melahirkan, Ashtra Dymach menyadari, ibu hamil perlu didampingi dan disiapkan mentalnya. Termasuk juga orangtua, suami dan orang-orang terdekat di sekelilingnya. 

Pentingnya mendampingi ibu ketika hamil, saat persalinan, dan setelah melahirkan tidak bisa diremehkan. Apalagi menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), Postpartum Depression mempengaruhi sekitar 13 persen perempuan yang ada di dunia. Di Indonesia, tingkatan depresi pasca-melahirkan mencapai 19.8 persen.

Tahun 2016 Ashtra mendirikan #haloibu yang menjadi support group untuk perempuan. Merangkul ibu dari berbagai latar belakang. Lingkaran Ibu menjadi salah satu aktivitas mereka. Para ibu duduk melingkar bersama dan saling menguatkan satu sama lain, menumbuhkan cinta kepada diri sendiri yang sering terabaikan.

Tak berhenti sampai di sini, Ashtra kini juga menjadi doula, pendamping persalinan profesional. Profesi ini memang masih terbilang jarang di Indonesia, tapi perannya penting untuk meringankan proses pemulihan kondisi emosional dan fisik seorang ibu. 

Apa saja yang dilakukan Ashtra Dymach sebagai doula dan komunitas #haloibu yang ia bangun? Selengkapnya di narasi.tv

Konten ini kolaborasi Narasi X Pantene #SiapaBilangGakBisa