Pilihan Ganda

Peluang "Orang" Ketiga

Sinopsis

Partai Demokrat atau kubu Cikeas belum menentukan sikap terkait Pilpres 2019. Selama Rapimnas berlangsung 10 – 11 Maret, belum ada deklarasi Demokrat atas Pemilu Presiden 2019. Demokrat belum menentukan sikap akan bergabung ke kubu Hambalang (Prabowo Subianto), kubu Teuku Umar (Megawati Soekarnoputri) atau membentuk kubu baru alias poros ketiga.

Dalam dinamika pemilu di Indonesia, gagasan poros ketiga atau poros tengah hampir selalu hadir. Pada 2014 lalu misalnya, sempat digagas "Poros Indonesia Raya" sebagai alternatif menghadapi Jokowi dan Prabowo. Akan tetapi pembentukan Poros Indonesia Raya gagal karena seluruh parpol lebih memilih merapat ke kubu Hambalang dan Teuku Umar.

Kelahiran poros ketiga dalam sejarah Pilpres yang bisa dibilang cukup berhasil terjadi pada 1999. Saat itu, Amien Rais berhasil membuat koalisi bernama "Poros Tengah", gabungan dari parpol Islam. Poros Tengah ini berhasil mengantarkan Amien ke kursi Ketua MPR serta Abdurrahman Wahid ke kursi RI-1.

Apakah kamu setuju dengan ide kemunculan poros ketiga dalam Pilpres 2019? Kira-kira siapa yang bisa menyaingi kekuatan Jokowi dan Prabowo?